Sabtu, 26 November 2022

875 santri FKPQ Laksanakan Manasik Haji

 





Sukabumi, 26 November 2022. Sebanyak 875 santri TKQ / TPQ / TQA dan PAUDQ wilayah utara bagian timur FKPQ Kab Sukabumi melaksanakan rangkaian Manasik Haji. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa kecintaan pada agama islam melalui pengenalan rukun islam ke-lima.

Dikatakan Ali iskandar ketua DPD FKPQ Kab Sukabumi saat pembukaan acara, Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mengenalkan ibadah haji dan umroh kepada peserta didik dan orang tua sejak dini. Sehingga motivasi untuk beribadah haji, agar benar-benar istitoah memiliki kemampuan untuk mendapatkan panggilan kelak".
Kegiatan manasik ini adalah kegiatan ke-tiga setelah sebelumnya dilaksanakan di wilayah I (Palabuhan, cikakk, cisolok, lengkong) dan wilayah II (Cidahu, Cicurug, parungkuda, Bojonggenteng, Kabandungan, Ciambar). Target selanjutnya juga agar bisa terlaksana secara mandiri didaerah Pajampangan yang saat ini masih bersatu dengan unsur lembaga lainnya.

"Konsep manasik haji hari ini adalah Haji Tamatu yang mewajibkan para peserta manasik untuk membayar Dam. Selanjutnya hasil pengumpulan dam tersebut digunakan untuk infaq/donasi ke lembaga TKQ didaerah kecamatan Caringin dan Cibadak yang terdampak gempa Cianjur tanggal 21 november kemarin". Terang A. Musadad selaku ketua panitia pada awak media.


Kontributor
Puji Rahayu

Senin, 21 November 2022

DPD FKPQ Sukabumi : Siap Sukseskan FKPQ Jawabarat tahun 2023


 Bekasi, 15 November 2022

DPW FKPQ Provinsi Jawabarat menggelar Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW FKPQ Jawabarat di Water Park- Bekasi. Acara ini dihadiri oleh ketua dan sekertaris utusan dari seluruh DPD FKPQ se-Jawabarat. FKPQ adalah ormit yang harus terus berkembang di Jawabarat dan menjadi rumah besarnya lembaga-lembaga pembina Pendidikan Qur'an di Jawa Barat.
Dalam kesempatan ini hadir pula KH. Amin Baejuri, Subkorwil Kementerian Agama Republik Indonesia. Dalam kesempatan itu ia mengatakan "Kementerian Agama mendorong DPW FKPQ untuk terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemprov untuk lebih dikenal dan bisa mendpatakn alokasi anggaran khusus untuk kegiatan DPW FKPQ".
Dalam Rakorwil juga dilakukan serah terima SK DPW perpanjangan yang tadinya masabaktinya tiga tahun, kini berakhir di 2024. "Untuk selanjutnya SK DPD/DPC akan dikeluarkan oleh DPW dan SK DPK/DPAC akan dikeluarkan oleh DPD. Dan semua perubahan AD ART akan dibahas pada Munas dibulan desember nanti". Terang Zainurrahman Sekum DPP FKPQ Indonesia.
Rakorwil ditutup oleh pembahasan masing-masing komisi A dan B. Salahsatu hasil rakorwil yaitu agenda sosialisasi kurikulum, memfasilitasi ustadz-ustadzah yang belum bersanad/syahadah, dan Festival Pendidikan Qur'an tahun 2023 dibulan November nanti.

Ditemui dalam kesempatan tersebut, Puji Rahayu Sekum DPD FKPQ mengatakan "FKPQ Kab Sukabumi siap mendukung dan mensukseskan Festival Pendidikan Al-Qur'an 2023 dan akan mulai mensosialisasikan setelah juknis lomba diterbitkan DPW dibulan Januari nanti". 



Kontributor

Puji Rahayu

Minggu, 20 November 2022

MARS FKPQ_ DENGAN LIRIK_ VERSI PEREMPUAN


 

MARS FKPQ

Karya : Ali Iskandar


Di FKPQ mari kita mengabdi

Bersama kita membangun sukabumi

Islam mulia agama yang sempurna

Qur`an menjadi pedomannya

 

PAUD, TKQ, TPQ dan TQA

Mendapat ilmu untuk mengamalkannya

Ibadah kita akan lebih sempurna

Bentuk watak pribadi mulia

 

Marilah kuatkan Pendidikan Al-Qur`an

Sempurna Bahagia hidup kita

Bersama terbangun, terjaga keimanan

Menuju surge yang didambakan

 

Baca dan tulis, faham dan diamalkan

Di FKPQ semua diajarkan

Mari bumikan dan amalkan Al-Qur`an

Jadi syafaat kehidupan

Mari bumikan dan amalkan Al-Qur`an

Jadi syafaat kehidupan

 

MARS PAUD AL-QUR`AN (Karya Ali Iskandar)

 


Lirik Mars PAUD Al-Qur`an


Manasik Haji Santri



Terimakasih Bpk Kebanggaan Kami ...





Mars FKPQ Sukabumi (Instrumen)

 

MARS FKPQ

Di FKPQ mari kita mengabdi

Bersama kita membangun sukabumi

Islam mulia agama yang sempurna

Qur`an menjadi pedomannya

 

PAUD, TKQ, TPQ dan TQA

Mendapat ilmu untuk mengamalkannya

Ibadah kita akan lebih sempurna

Bentuk watak pribadi mulia

 

Marilah kuatkan Pendidikan Al-Qur`an

Sempurna Bahagia hidup kita

Bersama terbangun, terjaga keimanan

Menuju surge yang didambakan

 

Baca dan tulis, faham dan diamalkan

Di FKPQ semua diajarkan

Mari bumikan dan amalkan Al-Qur`an

Jadi syafaat kehidupan

Mari bumikan dan amalkan Al-Qur`an

Jadi syafaat kehidupan

 


Sabtu, 19 November 2022

Pendampingan dan Persiapan Pelaksanaan PHBK SK Palabuhanratu oleh Divisi PAUD Al-Qur'an

 


PELABUHANRATU - Dalam rangka mempersiapkan kegiatan pelatihan akbar digelar oleh IHF, maka divisi PAUDQU di DPD FKPQ Kabupaten Sukabumi mengadakan pembinaan dan pendampingan di Kecamatan Pelabuhanratu dan simpenan agar nantinya berjalan lancar.
Untuk meningkatkan kualitas PAUDQU, Kabupaten Sukabumi ditunjuk IHF (Indonesia Heritage Foundation) menggelar program Semai Benih Bangsa Akbar (SBB).
Kick Off Program Semai Benih Bangsa Akbar yang digelar IHF pada program SBB yang akan digelar pada tanggal (30 Nopember 2022) yang diikuti PAUDQ se-Kabupaten Sukabumi  yang dikoordinir oleh  Divisi PAUDQ Kabupaten Sukabumi. 
"Diharapkan dengan adanya pembinan awal dari Divisi PAUDQ untuk persiapan menyambut pelatihan nanti terutama kami SK dan SM 11,12 dan 13 wilayah Palabuhan, simpenan dan Cikakak akan lebih termotivasi dan bersemangat dalam menempuh pelatihan selama enam bulan kedepan". Kata Aceng selaku ketua SK 11 dan ketua DPK FKPQ Palabuahnratu disela-sela acara.

Tidak hanya Kabupaten Sukabumi penyelenggaraan serentak dilakukan di Provinsi lainnya, mengikuti SSB ini secara virtual. Bahkan hadir sebagai Keynote Speaker , program Semai Benih Bangsa Akbar ini dalam rangka meningkatkan kualitas guru untuk membangun tumbuh kembang dan karakter siswa PAUDQ dengan model pendidikan holistik berbasis karakter.

Melalui Program SBB diharapkan dapat menkan kualitas siswa-siswa di Sekolah Koordinator dan Sekolah Mitra meningkat dalam berbagai hal, mulai dari Kualitas karakter anak, Kreativitas dan rasa percaya diri anak , Tumbuh kembang anak meliputi kognitif, bahasa, fisik motorik, visual, interpersonal, dan music.

Sementara itu dihubungi via telphon, Mulyati selaku Staf sie PD pontren mengatakan, saat ini PAUDQ di Kab Sukabumi berjumlah 141 Lembaga. 117 sudah memiliki NPSN dan sisanya masih dalam tahap pengajuan.



Kontributor:
Aceng Hamzah

Minggu, 13 November 2022

Santri TKQ dan PAUDQ kec Jampangtengah dan Lengkong ikuti peragaan Manasik Haji

Kegiatan Peragaan Manasik Haji di Lapangan Puslatpur Antralina Jampangtengah Diikuti 1.800 Siswa TKQ, PAUDQ, PAUD dan SPS

Jampangtengah, Sebanyak 1.800 siswa PAUDQu, TKQ, PAUD dan SPS dari Kecamatan Jampangtengah dan Lengkong mengikuti kegiatan peragaaan manasik haji. Minggu, 13 November 2022 di Lapangan Puslatpur Antralina Kecamatan Jampangtengah. Sebelumnya, kegiatan tersebut merupakan program rutin HIMPAUDI dan FKPQ yang dilaksanakan setiap tahun. Namun, baru bisa dilaksanakan kembali tahun ini setelah terjeda Pandemi Covid-19.

Kegiatan dihadiri Ketua HIMPAUDI Kabupaten Sukabumi Bunda Emi, Camat Lengkong, Camat Jampangtengah, Bunda PAUD Kecamatan Jampangtengah dan Lengkong, Bunda Desa, unsur Forkopimcam dan Lembaga Keagamaan Jampangtengah.

Menurut Dadang Gufron selaku ketua DPK FKPQ Kec Jampangtengah, "Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menanamkan kecintaan terhadap islam sejak dini, terlebih bagi santriawan dan santriawati TKQ dan PAUD Al-Qur`an yang notabene kurikulumnya menggunakan kurikulum Al-Qur`an anak-anak bukan hanya diajarkan lewat tepuk dan lagu tapi juga diajak merasakan langsung bagaimana manasik haji itu sendiri".

Sementara Camat Jampangtengah Unang Suryana, S.IP. AK. M.Si., mengaku sangat apresiasi dengan kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan peragaan manasik haji akan menanamkan kecintaan anak usia dini terhadap syariat – syariat Islam.

“Saya selalu mendukung kegiatan – kegiatan yang sifatnya membangun dan positif, seperti halnya kegiatan ini tentunya akan membangun mental serta akan membentuk karakater anak – anak sejak dini,” pungkas Unang.

Pada kegiatan tersebut juga para peserta mendonasikan uang senilai Rp 3.636.500 bagi beberapa anak yang terdata menjadi pasien pengidap penyakit kronis.


Kontributor :

Andri

FKPQ Kab Sukabumi Gelar Pelatihan Akbar : Guru Asyik Menyenangkan (GURAME)

 


FKPQ Kab Sukabumi Gelar Pelatihan Akbar : Guru Asyik Menyenangkan (GURAME)

Dewan Pengurus Daerah Forum Pendidikan Qur'an (DPD FKPQ) Kabupaten Sukabumi gelar kegiatan pelatihan guru asyik dan menyenangkan (GURAME) yang menyasar 185 Guru Lembaga Pendidikan Al Qur'an (PAUDQ, TKQ, TPQ, TQA dan RTQ). Kegiatan yang berlangsung hari minggu 13 November 2022 di graha KPDA lembur situ yang dibuka secara resmi oleh kepala kementerian Agama kabupaten Sukabumi ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi para guru pendidikan al Qur'an untuk mendidik santri sebagai calon pemimpin masa depan yang berakhlaq qurani.

Ketua Umum DPD FKPQ Kabupaten Sukabumi Ali Iskandar mengatakan, pembelajaran di kelas yang berkualitas itu salah satunya dipengaruhi oleh kualitas para pendidiknya. Oleh karena itu pula diperlukan SDM guru yang memiliki kompetensi yang berkualitas pula.

"Dalam rangka mewujudkan layanan lembaga pendidikan al Qur'an berkualitas, diperlukan dan harus dilaksanakan pelatihan guna menguograde kemampuan guru-guru lembaga pendidikan al Qur'an yang handal" kata Ali Iskandar. "Tidak hanya memiliki kompetensi mengajar yang mumpuni, namun juga bisa menginspirasi, berorientasi spiritual, dan memiliki kemampuan komunikasi dan literasi. Juga, mampu membangun komunikasi yang efektif dalam berbagai kondisi," ungkapnya.

"Pelatihan ini harapannya dapat menciptakan guru yang dinantikan murid-muridnya dan dapat menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan". 

Pada kesempatan yang sama hadir pula kepala kementerian agama kabupaten Sukabumi, menyampaikan arahan kepada DPD FKPQ agar semua jajaran FKPQ dapat memperkuat moderasi beragama serta dalam bekerja harus merujuk pada lima budaya kerja kementerian agama. 

"Tingkatkan terus pembinaan kepada lembaga pendidikan al Qur'an upaya meningkatkan pendidikan Al- Qur'an yang lebih baik dan selalu berkoordinasi dengan kementerian Agama karena FKPQ adalah mitra dari kementerian agama". pungkas kepala kementerian Agama yang biasa di sapa Asep Hidayat. 


Kontributor :

Agus yusuf Ibrahim